Refrensi Game Android & Ios

Cara Mengatasinya Lag Dan Keluar Sendiri Saat Bermain Game Di Android

0

Bagi kamu para gamers pasti pernah mengalami yang namanya lag, force close atau black screen saat bermain game di android. Hal itu tentunya menjadi hal yang sangat menyebalkan. Tapi hal itu bisa diatasi. Dengan adanya cara mengatasinya lag dan keluar sendiri saat bermain game di android ini kamu tidak akan lagi mengalami hal yang menyebalkan.

Cara mengatasinya lag dan keluar sendiri saat bermain game di android ini sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengubah beberapa pengaturan pada hp android kamu saja. Selain itu masih ada lagi beberapa cara mengatasinya lag dan keluar sendiri saat bermain game di android. Berikut ini informasinya untuk kamu.

Cara Mengatasinya Lag Dan Keluar Sendiri Saat Bermain Game Di Android

1. Aktifkan Opsi Pengembang

Cara yang pertama adalah dengan mengaktifkan fitur yang terdapat pada opsi pengembang. Untuk dapat mengaktifkan opsi pengembang ini kamu harus buka dulu akses pengembangannya. Caranya adalah kamu buka menu pengaturan > tentang ponsel. Kemudian pada informasi yang menampilkan “Versi Kernel” atau “Nomor Bantukan”, sentuh berkali – kali sampai ada pesan “Sekarang anda adalah pengembang”. Jika sudah maka kamu bisa lanjutkan ke tahap berikutnya yaitu mengubah pengaturan opsi pengembang. Berikut ini step by step nya untuk melakukan perubahan opsi pengembang.

  • Dari menu pengaturan pilih opsi pengembang kemudian aktifkan.
  • Scroll ke bawah sampai ditemukan pilihan “skala animasi jendela”, “skala animasi transisi” serta “skala durasi animator”.
  • Ubah settingan semua pilihan itu menjadi “animasi mati”.
  • Setelah itu aktifkan pilihan “paksa perenderan GPU”.
  • Kemudian aktifkan juga pilihan “force 4x MSAA”.

Selesai. Sekarang coba mainkan game dan rasakan perbedaan yang terjadi.

2. Biarkan Game Tersimpan Di Memori Internal

Game yang kamu unduh, setelah diinstal atau terpasang pasti akan tersimpan di memori internal. Agar game yang kamu mainkan itu tidak ngelag dan force close, sebaiknya jangan memindah aplikasi game tersebut ke kartu memori. Hal ini hanya akan menyebabkan performa aplikasi game menjadi menurun sehingga ngelag dan force close. Hal ini memang mungkin akan sulit dilakukan pada hp android yang kapasitas memori internalnya kecil. Namun kamu bisa atasi hal itu dengan menggunakan kartu Micro SD class 10 yang mempunyai kecepatan pembacaan yang baik.

3. Non Aktfkan Aplikasi Tidak Penting

Aplikasi tidak penting hanya akan menambah beban kerja hp android kamu saat mengeksekusi aplikasi game. Untuk itu kamu bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak penting. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi Greenify.

4. Instal Booster

Cara ini dapat menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi masalah lag dan force close saat bermain game di android. Kamu bisa mendapatkan beragam aplikasi booster di Google Play Store baik yang gratis maupun berbayar. Untuk aplikasi gratis kamu bisa coba aplikasi Game booster.

5. Memori Jangan Sampai Kepenuhan

Hal ini mungkin sering luput dari perhatian kita. Fungsi memori tentunya untuk menyimpan semua data serta aplikasi yang dipakai pada hp android. Tak terkecuali game. Jika memori baik internal ataupun eksternal kepenuhan, maka otomatis akan menyebabkan lag pada aplikasi khususnya game. Oleh sebab itu sebelum kamu menginstal sebuah aplikasi baik itu game atau apapun juga, pastikan memori masih tersisa sekitar 40%. Selain itu kamu juga bisa rajin menghapus cache. Hal itu dilakukan agar tidak ada data tidak penting yang menumpuk di dalam memori internal hp android kamu.

Perlu diketahui bahwa tidak semua game bisa kompatibel/cocok dengan perangkat android kamu. Menginstal game yang tidak kompatibel dengan hp android kamu tentunya juga bisa menyebabkan lag / force close. Oleh karena itu kamu juga harus mengetahui mana game yang cocok dengan perangkat android kamu dan mana yang tidak.

Comments